PENGARUH METODE BERKHOTBAH DAN STRATEGI PELAYANAN TERHADAP KEHADIRAN BERIBADAH KAUM BAPAK DI HKBP ONANRUNGGU RESSORT ONANRUNGGU TAHUN 2023

Authors

  • Ridwan Yunan Pramono Lumbanraja IAKN Yarutung
  • Wilson Simanjuntak Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Iwan Setiawan Tarigan Pascasarjana, Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Berkhotbah terhadap Kehadiran Kaum Bapak di HKBP Onanrunggu; 2). Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara Strategi Pelayanan terhadap Kehadiran Kaum Bapak di HKBP Onanrunggu; 3). Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Berkhotbah dan Strategi Pelayanan terhadap Kehadiran Kaum Bapak di HKBP Onanrunggu secara bersama-sama, dengan hipotesis 1). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode berkhotbah terhadap kehadiran kaum bapak di HKBP Onanrunggu ressort Onanrunggu; 2). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pelayanan terhadap kehadiran kaum bapak di HKBP Onanrunggu ressort Onanrunggu; 3). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Metode Berkhotbah dan Strategi Pelayanan secara bersama-sama terhadap kehadiran jemaat di HKBP Onanrunggu ressort Onanrunggu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi penelitian adalah seluruh Kaum Bapak di HKBP Onanrunggu yang berjumlah 140 orang dengan sampel 43 orang. Instrumen penelitian berupa angket tertutup, yang disusun oleh peneliti berdasarkan indikator variabel penelitian. Uji coba angket dilakukan kepada 30 siswa yang bukan sampel penelitian, dan telah teruji dengan uji validitas dan reliabilitas.

Hipotesis di atas diterima kebenarannya dengan data: 1). Terdapat pengaruh yang positif dan siginifkan antara Metode Berkhotbah terhadap Kehadiran Kaum Bapak sebesar 56.87% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 54.07>4,08. 2). Terdapat pengaruh yang positif antara Strategi Pelayanan terhadap Kehadiran Kaum Bapak sebesar 32.49% dengan Fhitung>Ftabel yaitu 19.73>4,08. 3). Terdapat pengaruh yang positif antara Metode Berkhotbah dan Strategi Pelayanan secara bersama-sama  terhadap Kehadiran Beribadah Kaum Bapak sebesar R = 0,791 dengan koefisien determinasi ganda sebesar 62.56%, dengan persamaan regresi   sebahagian lagi dipengaruhi oleh faktor lain sebagaimana pada identifikasi masalah.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif Metode Berkhotbah dan Strategi Pelayanan terhadap Kehadiran Beribadah Kaum Bapak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama karena telah teruji secara empiris. Implikasinya, jika akan meningkatkan kehadiran beribadah kaum bapak, dapat melalui Metode Berkhotbah dan Strategi Pelayanan.

References

Abineno J.L.Ch., Unsur-unsur Liturgika yang Dipakai Gereja-gereja di Indonesia (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001)

Allen Ronald J, Berpikir Secara Teologis: Pengkhotbah Sebagai Teolog, trans. Oleh Stephen Suleeman ( Jakarta: BPK – Gunung Mulia, 2009)

Berkouwer G. C, Holy Scripture, trans. Oleh Jack B. Rogers (Grans Rapids: William Eerdmans Publishing Company, 1975)

Boehlke Robert R., Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002)

Budiastuti Dyah dan Bandur Agustinus, Validitas Dan Rehabilitas Penelitian (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

Ellingsen Mark, Martin Luther’s Legacy: Reforming Reformation Theology For The 21st Century (New York: Palgrave Macmillan, 2017)

Hutahaean Ramlan, Tradisi Teologis HKBP: Sebuah Perspektif (Bekasi: Pustaka Efata, 2013)

Johnson Luke Timothy, Hebrews: A. Commentary ( Louisville, Kentucky: Westminster John Knox Press, 2006)

Kilinger John, Dasar-Dasar Khotbah, Terj. Liem Sien Kie dan Yosafat Kristono (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004)

Limbong Sukanto, “Gembala di atas Mimbar: Sebuah Upaya Berteologi Melalui Mimbar Khotbah, dalam Menggagas Masa Depan. HKBP Pasca - 100 Tahun Dr. I. L. Nommensen, peny. Darwin Lumbantobing (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018)

Majid Suharto Abdul, Customer Service dalam Bisnis Jasa Transportasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Mali Mateus, Homiletika: Teologi, Seni dan Panduan Praktis Berkhotbah (Yogyakarta: Kanisius, 2020)

McGrath Alister E, Theology: The Basics (Hoboken; West Sussex: John Wiley & Son, 2018)

Rangkuti Freddy, Customer Service Satisfaction & Call Center. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Rumini Sri, Psikologi Umum (Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Yogyakarta, 1998)

Sukaradi Imanuel, Filosofi Berkhotbah: Khotbahkanlah Firman Allah Siap Sedialah Baik atau Tidak Baik Waktunya (Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2022)

Sutanto Hasan, Homiletik, Prinsip dan Metode Berkotbah (Jakarta: BPK Gunung Mulia 2004)

Timo Nuban, Ebenhaizer I. Meng-Hari-Ini-Kan Injil Di Bumi Pancasila: Bergereja dengan Cita Rasa Indonesia (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018)

Tjiptono Fandy, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008)

Vajta Vilmos, Ibadah Menurut Luther: Sebuah Tafsiran, Terj. Mikha Tobing (Jakarta: Akademi Lutheran Indonesia, 2012)

White James F., Pengantar Ibadah Kristen, Terj. Liem Sien Kie (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002)

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Lumbanraja, Ridwan Yunan Pramono, Wilson Simanjuntak, and Iwan Setiawan Tarigan. “PENGARUH METODE BERKHOTBAH DAN STRATEGI PELAYANAN TERHADAP KEHADIRAN BERIBADAH KAUM BAPAK DI HKBP ONANRUNGGU RESSORT ONANRUNGGU TAHUN 2023”. Jurnal Euangelion 3, no. 2 (October 31, 2023): 59–71. Accessed September 20, 2024. https://mail.euangelion.iakntarutung.ac.id/index.php/euangelion/article/view/378.

Issue

Section

Articles