Dampak Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Keterampilan Berwirausaha Alumni IAKN Tarutung

Authors

  • Nasrun Sihite Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Keywords:

Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan, Keterampilan Berwirausaha

Abstract

Keterampilan Berwirausaha merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan ilmu yang dimilikinya untuk menciptakan peluang untuk keberhasilan usaha, maka orang yang berwirausaha harus memiliki ciri-ciri jiwa berwirausaha. Di IAKN Tarutung Mata kuliah kewirausahaan sudah di terapkan dengan harapan mahasiswa yang akan menjadi alumni memiliki keterampilan berwirausaha yang baik. Tujuan penelitan ini untuk mengetahui dampak pembelajaran mata kuliah kewirausahaan pada keterampilan berwirausaha alumni IAKN Tarutung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan secara sistematik, faktual dan akurat tentang dampak pembelajaran mata kuliah kewirausahaan pada keterampilan berwirausaha alumni IAKN Tarutung. Penelitian ini dilakukan kepada 10 orang informan, dalam bentuk judgement sampling dengan tidak menekankan pada jumlah atau keterwakilan dengan menggunakan teknik purposive sampling atau pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk pernyataan dan pertanyaan wawancara terbuka dalam google form di bagikan kepada 10 informan. Hasil yang di temukan bahwa keterampilan berwirausaha alumni dari ciri-ciri orang yang memiliki jiwa berwirausaha benar ada serta dimiliki oleh alumni dan pembelajaran mata kuliah kewirausahaan yang diterapkan oleh dosen mata kuliah sudah baik, teori maupun praktek latihan berwirausaha sudah di terapkan. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa terdapat dan ditemukan ada dampak positif dari pembelajaran mata kuliah kewirausahaan pada keterampilan berwirausaha alumni IAKN Tarutung.

References

Aji, Sunan Purwa. Dkk. 2018. Keterampilan Wirausaha Untuk Keberhasilan Usaha. Universitas Pendidikan Indonesia: Vol. 3.

Alifa, Fauziah. 2017. Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Mata Kuliah Menggunakan Metode Weighted Product. Universitas Negeri Surabaya: Vol.8.

Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa Dan Umum. Bandung: Alfabeta

Ardiani, Winda. 2020. Faktor-Faktor Penguat Minat berwirausaha Mahasiswa Universitas Harapan Medan. Universitas Harapan Medan: Vol. 6.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astamoen, Moko P. 2009. Entrepreneurship dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Jakarta: Alfabeta.

Aziz, Faizul. 2020. Pengaruh keterampilan Kewirausahaan dan Persepsi Peluang Kerja Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Banyudono. Universitas Sebelas Maret: e-ISSN 2614-0349.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fahmi, Irham. 2013. Kewirausahaan Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Hendro. Ir. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan (Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami Dan Memasuki Dunia Bisnis). Jakarta: Penerbit Erlangga

Iskandar, Keke Arnesia. Arief Syah Safrianto. 2020. Pengaruh Keterampilan Wirausaha dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Kewirausahaan. UNKRIS: Vol. 21.

Jackson, J. 2016. Myths of Active Learning Edgar Dale and the Cone of Experience. Journal of the Human Anatomy and Physiology Society. 20 (2) 51-53.

Kodrat, David S, dan Wina Kristina. 2022. Entrepreneurship: Sebuah Ilmu. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lubis, Putri Kemala Dewi. 2018. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Keterampilan berwirausaha Terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan. Universitas Negeri Medan: Vol. 7.

Merideth, Geoffey G. 2000. Kewirausaan Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Pusaka Binawan Presindo.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, Arman Hakim. Dkk. 2009. Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ningrum, Emilia Wahyu Ratna. 2008. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Kesiapan Mahasiswa Untuk Menjadi Wirausahawan yang Unggul Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Nurham. 1995. Lingkungan Tempat Tinggal Menentukan Minat Berwirausaha. Semarang: FKIP.

Ramadhani, Nova Tiara dan Ida Nurnida. 2017. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica Vol.1 No.1 April 2017, Universitas Telkom

Riduwan, 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rosmiati, Donny Teguh Santosa Junias, Munawar. 2015. Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Kewirausahaan 17, no. 1, Maret 2015

Rusdiana. 2018. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung: CV Pustaka Setia.

Setyawati, Erna. 2020. Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Metode Production Based Learning. STKIP PGRI Pacitan: Vol.7.

Shipman. M. K. 2014. Kepemimpinan. Bandung: Rahayu Groups

Sihombing, L. 2017. Bunga Rampai Proses Pembelajaran Dari Penanganan Klasikal Ke Komunal. Tarutung: STAKPN Tarutung Press.

Sinaga, K. 2017. Penerapan Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Kimia Dasar Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 11 (2).

Sinulingga, Sukaria. 2015. Metode Penelitian. Medan: USU Press

Siri, Muhammad, Dkk. 2020. Pengembangan Kewiraushaan Bagi Mahasiswa Dan Alumni Di Universitas Muhammadiyah Parepare. UM & STAIN Parepare. Vol.2.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suparyanto, R.W. 2016. Kewirausahaan Konsep dan Realita pada Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Utomo, Danang Prio. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Keterampilan dan Minat Wirausaha pada Siswa. Universitas Hamzanwadi: Vol.12

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusa, Viola De. 2019. Analisis Peminatan Calon Mahasiswa Terhadap Program Studi Perguruan Tinggi Bandar Lampung. Universitas Muhammadiyah Metro Lampung: Vol.13.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Sihite, Nasrun. “Dampak Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Pada Keterampilan Berwirausaha Alumni IAKN Tarutung”. Jurnal Euangelion 3, no. 2 (October 31, 2023): 52–58. Accessed September 20, 2024. https://mail.euangelion.iakntarutung.ac.id/index.php/euangelion/article/view/339.

Issue

Section

Articles